Wednesday, June 26, 2013

Poster Buatanku :)

Adapun tugas Mata Kuliah dari Teknik Komunikasi yaitu membuat poster.
Poster adalah suatu media dalam bentuk visual diam tidak diproyeksikan, yang sifatnya mandiri. Sebagai bentuk visual, maka poster harus dapat dilihat dengan jelas oleh mata pembacanya. Oleh karena itu, jika poster yang dibuat itu berisi pernyataan-pernyataan verbal, maka ukuran huruf yang digunakan harus cukup besar sehingga pernyataan-pernyataan verbal tersebut dapat dibaca pada jarak pandang pembacanya. Umumnya poster dibaca pada jarak antara satu sampai satu setengah meter.
Tujuan poster adalah menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat poster adalah agar para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.

Berikut di bawah ini adalah poster buatan / design saya yang bertemakan tentang “pelabuhan” :

 




Maksud dan tujuan poster buatan saya adalah menggambarkan kondisi pelabuhan sekarang ini yang tidak selalu pernah memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan dari aktivitas pembangunan pelabuhan terhadap faktor ekologis. Adanya pabrik di pelabuhan, hal ini menggambarkan bahwa adanya polusi udara yang dihasilkan dari limbah pabrik tersebut. Adanya pohon-pohon yang tumbang menggambarkan akibat dari aktivitas pabrik di pelabuhan yang selalu memanfaatkan kayu-kayu dari pohon tersebut tanpa batas. Dan limbah dari pabrik dan masyarakat sekitar serta masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kapal, yang kebiasaannya membuang sampah baik sampah pabrik (industri) maupun sampah rumah tangga ke dalam laut. Hal ini secara langsung akan menyebabkan dampak negatif pada ekosistem laut, yaitu hilangnya biota laut dan rusaknya abiotik laut akibat cemaran sampah tersebut. Maka dari itu saya membuat poster dengan konsep seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa saya ingin mengajak masyarakat umum untuk selalu menjaga kebersihan pelabuhan, menjaga alam baik lingkungan sekitar pelabuhan dan ekosistem laut untuk kelangsungan di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment